Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Tangani Bahan Bakar Nuklir Bekas Pakai

Kompas.com - 03/01/2011, 20:23 WIB

KOMPAS.com — China mengklaim mampu mendaur ulang bahan bakar nuklir.  Maksudnya, bahan bakar nuklir bekas pakai ternyata bisa dijadikan sumber energi nuklir. Televisi pemerintah China mengumumkan hal itu sebagaimana warta Xinhua pada Senin (3/1/2011).

Lebih lanjut berita itu menyebutkan terobosan teknologi ini memungkinkan China untuk menyediakan bahan bakar bagi pembangkit listrik tenaga nuklir selama tiga ribu tahun. Ilmuwan China rupanya sudah berusaha menguasai teknologi ini selama 24 tahun terakhir.

Proses daur ulang ini sangat rumit dan memakan biaya besar, tetapi mempunyai manfaat besar bagi China yang hanya mempunyai cadangan uranium untuk 70 tahun ke depan.

Beberapa negara seperti Perancis, Inggris, dan India sudah mempunyai fasilitas pemrosesan ulang bahan bakar nuklir, tetapi pengumuman dari China ini mempunyai dampak penting bagi penyediaan energi negara itu.

China saat ini sedang membangun sejumlah pembangkit listrik bertenaga nuklir dalam rangka diversifikasi sumber energi. Sampai sekarang China masih sangat tergantung pada pembangkit listrik bertenaga batu bara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com