Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gereja Dibom, Palestina Berduka

Kompas.com - 02/01/2011, 16:29 WIB

GAZA, KOMPAS.com - Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Sabtu mengirimkan ucapan belasungkawa kepada timpalannya Presiden Mesir Hosni Mubarak atas ledakan di dekat Gereja Koptik Kristen di Alexandria yang menewaskan 21 orang dan melukai 79 lainnya.

Ledakan itu terjadi setelah Misa Tahun Baru pada saat para jemaah meninggalkan gereja itu. Tidak ada warga Rusia yang menjadi korban dalam ledakan itu, kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

Kepolisian Mesir meyakini ledakan di dekat Gereja Koptik Kristen tersebut dilakukan oleh seorang pelaku bom bunuh diri. Dalam sebuah telegram kepada Presiden Mesiritu, Abbas menyebut peristiwa itu sebagai "tindakan menjijikkan dan kejam bertujuan untuk menghancurkan keamanan dan stabilitas persaudaraan di Mesir dan mengaduk kebencian antara Muslim dan Kristen."

Abbas juga mengirim telegram belasungkawa kepada Paus Shenouda III dari Aleksandria. Sementara itu jumlah orang yang cedera dalam ledakan tersebut telah mencapai 97, dan 21 lainnya dilaporkan hilang, kata Kementerian Kesehatan Mesir Sabtu.

Seorang juru bicara Kementerian Kesehatan Mesir mengatakan bahwa informasi mengenai korban baru dari ledakan itu mungkin muncul segera setelah semua yang terkena dampak ledakan dikirim ke rumah sakit yang berbeda. Tiga orang dengan luka parah dibawa ke rumah sakit terbaik di Kairo karena mereka perlu operasi canggih.

Pemimpin internasional, termasuk Presiden AS Barack Obama, Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Katherine Ashton, juga mengutuk ledakan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com