Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Baru, Pemimpin Korut Inginkan Dialog

Kompas.com - 01/01/2011, 15:01 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara menyerukan perbaikan hubungan dengan Korea Selatan setelah ketegangan dalam setahun terakhir, ditandai penyerangan berdarah terhadap satu daerah sipil sejak perang Korea.

"Konfrontasi antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) harus dihentikan secepat mungkin," kata tajuk rencana Tahun Baru di tiga surat kabar terkemuka pemerintah Korut, Sabtu.

"Dialog dan kerja sama harus dilakukan secara pro aktif," kata surat-surat kabar itu.

Hubungan kedua negara memburuk setelah Korut menembaki sebuah pulau perbatasan Korsel pada November lalu, menewaskan empat orang termasuk dua warga sipil. Para pemimpin dunia mengecam keras serangan itu dengan menyerukan agar China mengendalikan sekutunya, yang tindakannya tidak bisa diramalkan itu.

Korsel sejak itu melakukan serangkaian pelatihan militer, termasuk satu pelatihan menggunakan peluru tajam 20 Desember di pulau Yeongpyeong itu. Tetapi Korut tidak melakukan ancaman serangan baru yang lebih mematikan.

Tajuk rencana itu, yang rakyat Korut wajib pelajari, menyatakan :

"Tahun ini kita harus melakukan kampanye yang lebih menentukan untuk memperbaiki hubungan antar Korea. Usaha-usaha aktif harus dilakukan untuk menciptakan satu atmosfir dialog dan kerja sama antara Korut dan Korsel dengan menempatkan kepentingan bersama negara di atas kepentingan lainnya."

Profesor Yang Moo-Jin dai Univesitas Studi Korea Utara di Seoul mengatakan Pyongyang tampaknya berusaha mewujudkan stabilitas di semenanjung Korea untuk memperkuat satu suksesi turun menurun oleh ahli waris Kim Jong-Un, putra bungsu pemimpin Korut Kim Jong Il.

Kim Jong-Un diangkat menjadi jendral bintang empat, memeroleh jabatan penting di dalam partai yang berkuasa. Ia muncul dalam foto-foto dan tampil dalam parade massa bersama dengan ayahnya, yang kesehatannya menurun.

Tajuk rencana itu, yang disiarkan kantor berita resmi Korut KCNA, juga menegaskan kembali bahwa Pyongyang, yang kegiatan nuklirnya dibahas dalam perundingan enam negara yang macet itu,  tetap menginginkan denuklirisasi. Tetapi mengacu pada pelatihan-pelatihan militer Korsel yang kadang-kadang melibatkan Amerika Serikat, surat-surat kabar itu memperingatkan:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com