Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Ikan Korsel Tenggelam di Antartika

Kompas.com - 13/12/2010, 11:12 WIB

WELLINGTON, KOMPAS.com Sebuah kapal ikan Korea Selatan tenggelam, Senin (13/12/2010) di perairan beku di dekat Antartika. Sebanyak 5 awak kapal dilaporkan tewas dan 17 awak yang lain hilang, demikian diungkapkan pihak berwenang Selandia Baru dan Korea Selatan.

Sementara 20 awak dari kapal ikan No 1 In Sung berbobot 614 ton itu dapat diselamatkan oleh sebuah kapal lain. Kapal tersebut tenggelam sekitar pukul 06.30 waktu setempat (24.30 WIB), sekitar 1.000 kilometer di utara Antartika dan 2.700 kilometer di selatan Selandia Baru, begitu keterangan Pusat Koordinasi Penyelamatan Negara itu. Tidak diketahui apa yang menyebabkan kapal tersebut tenggelam dan tidak ada panggilan marabahaya yang telah dibuat.

Sebanyak 2 kapal Selandia Baru dan 3 kapal Korea Selatan sedang mencari para korban selamat. Sebuah pesawat militer Selandia Baru mungkin telah dikirim, tetapi pesawat itu akan memakan waktu sekitar delapan jam untuk sampai ke sana. Suhu air di kawasan tersebut dilaporkan pada kondisi 2 derajat celsius (35 derajat fahrenheit) yang berarti seseorang akan bertahan hidup selama sekitar 10 menit di dalam air tanpa peralatan yang memadai, lanjut Pusat Koordinasi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com