Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Gagal Uji Senjata Rudal Nuklir

Kompas.com - 10/12/2010, 22:22 WIB

BHUBANESWAR, KOMPAS.com — India, Jumat (10/12/2010), gagal melakukan uji senjata versi upgrade rudal balistik Agni-II jarak menengah yang berkemampuan nuklir.

"Agni-II plus dari darat ke darat itu ditembakkan dari sebuah peluncur mobile di Pulau Wheeler, di lepas pantai barat negara bagian Orissa, tetapi segera jatuh ke laut tak lama setelah ditembakkan," kata sumber tersebut.

Hal itu tidak segera jelas mengapa uji rudal itu gagal. Rudal itu memiliki dua tingkat, keduanya didorong oleh propelan padat.

Mampu membawa hulu ledak konvensional atau nuklir 1 ton, Agni-II adalah salah satu dari serangkaian rudal yang dikembangkan sebagai strategi pencegahan terhadap dua negara tetangga bersenjata nuklir, yakni China dan Pakistan.

Agni-II memiliki jangkauan normal 2.000-2.500 kilometer (1.250-1.500 mil) dan India telah berhasil menguji sebuah varian Agni-III dengan jangkauan hingga 3.000-3.500 kilometer.

Peng-upgrade-an Agni-II plus memiliki sistem navigasi yang diperbaiki dan bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antar-kedua rudal dengan kisaran jarak 2.500-3.000 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com