Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Assenge Ditahan, Wikileaks Tak Terganggu

Kompas.com - 07/12/2010, 20:49 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Situs WikiLeaks menyatakan akan tetap terus merilis informasi rahasia dari kabel diplomatik AS meskipun pendirinya Julian Assange ditahan polisi di Inggris. Assange ditahan polisi Inggris atas permintaan aparat berwenang Swedia dengan tuduhan pemerkosaan selama tinggal di Swedia. Assange (39) secara sukarela datang ke kantor kepolisian London sebelum ditahan Selasa sore.

"Tindakan hari ini terhadap pemimpin redaksi kami Julian Assange tidak akan mempengaruhi operasional kami. Kami akan merilis kabel malam ini seperti biasa," demikian tertulis dalam akun Twitter Wikileaks, Selasa (7/12/2010).

Seorang wartawan yang bekerja untuk WikiLeaks mengatakan staf akan menjalankan pekerjaan seperti biasa. "Dalam hal ini, semua berjalan sesuai jadwal, semua bahan akan dikeluarkan seperti biasa. Itu semua yang dapat saya katakan kepada Anda, "kata James Ball, yang menganalisis data-data kabel diplomatik untuk WikiLeaks.

WikiLeaks sudah lebih dari seminggu ini merilis secara bertahap informasi rahasia dari dokumen-dokumen Departemen Luar Negeri AS. Beberapa surat kabar di seluruh dunia bahkan dikabarkan memiliki akses istimewa ke arsip WikiLeaks. Juru bicara Wikileaks mengatakan pekan lalu bahwa mereka telah memiliki salinan dari dokumen-dokumen tersebut.

Pekan lalu, Assange juga mengatakan bahwa ia telah mengirimkan ribuan salinan arsip yang masih terenkripsi untuk mengantidsipasi jika ia ditangkap atau situsnya ditutup. Ia katakan arsip tersebut telah tersebar kepada lebih dari 100.000 orang dalam bentuk terenkripsi. "Jika sesuatu terjadi pada kita, kuncinya akan dikirim secara otomatis," katanya dalam webchat dengan koran the Guardian.
"Sejarah akan menang. Dunia akan diangkat ke tempat yang lebih baik. Akankah kita bertahan? Itu tergantung pada Anda "dk / GJ / US co-diplomasi-WikiLeaks-Inggris-situs AFP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com