Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timor Leste-Kuba Kerja Sama Kesehatan

Kompas.com - 06/12/2010, 15:24 WIB

HAVANA, KOMPAS.com — Mantan pemimpin Kuba Fidel Castro bertemu dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta yang bertamu ke pulau itu sebelum mengakhiri kunjungan resmi tiga hari ke negara tersebut.

"Ini adalah pengalaman yang sangat menakjubkan untuk menyaksikan kesehatan Fidel," kata Ramos Horta di bandara di Havana pada Minggu (5/12/2010) malam, menjelang meninggalkan Havana.

Dia mengatakan, selama pertemuan, mereka membahas situasi terakhir di Timor Leste dan masalah-masalah politik internasional lainnya.

Dalam kunjungannya, Ramos Horta menerima tanda penghargaan nasional tertinggi Kuba, yaitu Jose Marti Order.

Sementara itu, dia membawa Timor Leste Order in Grade of Grand Collar, yang diberikan Pemerintah Dilli kepada pemimpin revolusi Kuba Fidel Castro.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai pengakuan atas dukungan yang diberikan Kuba untuk negaranya di bidang kesehatan dan pendidikan.

Kedua pihak menjalin hubungan diplomatik pada 20 Mei 2002.

Sekitar 46.000 orang Timor telah dididik dengan metode Kuba, yaitu "Ya, saya bisa", dan 600 pemuda dilatih sebagai dokter di pulau itu.

Kuba juga menempatkan satu delegasi yang terdiri atas 193 dokter dan paramedis di negara Asia Tenggara itu.

Kesehatan, pendidikan, energi, pertanian, dan pertambangan merupakan bidang utama kerja sama antara Kuba dan Timor Leste.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com