Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Penerbangan Batal karena Salju

Kompas.com - 02/12/2010, 14:12 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Ratusan penerbangan di Inggris dibatalkan setelah salju menutup sejumlah bandara di negara itu. Telegraph.co.uk, Rabu (1/12/2010), memberitakan bahwa pelayanan terhenti, antara lain, di Gatwick, Edinburgh, Dundee, Durham Tees Valley, dan Doncaster (Robin Hood), yang menyebabkan ribuan penumpang terdampar.

Penundaan dan pembatalan juga dilaporkan di beberapa bandara lainnya, termasuk di London City, Heathrow, Leeds Bradford, dan Newcastle. Ini merupakan gangguan terburuk bagi penerbangan Inggris sejak krisis abu vulkanik pada bulan April lalu, yang membatalkan ribuan penerbangan di seluruh Eropa.

Cuaca buruk di tempat lain di Eropa menyebabkan sejumlah bandara di benua itu, termasuk Frankfurt dan Jenewa, juga ditutup. Hal ini menyebabkan ribuan penumpang terdampar di luar negeri. Mereka, bagaimanapun, berhak untuk klaim makanan dan, jika perlu, akomodasi hotel dari maskapai penerbangan mereka berdasarkan undang-undang perlindungan konsumen Uni Eropa. Dengan perkiraan cuaca yang bakal lebih buruk, dikhawatirkan kekacauan itu berlanjut selama beberapa hari ke depan.

Masalah terburuk terjadi di Gatwick, di mana sekitar 600 penerbangan dibatalkan setelah landasan di bandara itu diselimuti salju. "Kami memiliki 6 inci (di landasan) dan ada 6 (inci) di jalanan," kata juru bicara bandara itu. Sebuah pernyataan di situs bandara itu mengatakan, "Berdasarkan kondisi cuaca saat ini, keberangkatan dan kedatangan pesawat di Gatwick akan sangat terganggu. Landasan pacu saat ini tertutup untuk memungkinkan kegiatan pembersihan salju dilaksanakan. Penumpang disarankan untuk tidak berangkat ke bandara dan harus mengecek langsung ke maskapai penerbangan mereka atau kunjungi situs web kami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com