Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vasokonstriksi, Nyaris Buta Tiap Usai ML

Kompas.com - 30/11/2010, 00:37 WIB

KOMPAS.com - Aneh. Seorang laki-laki mengalami gangguan mata setiap usai making love (ML) atau berhubungan intim. Bahkan pandangan matanya makin terganggu, nyaris buta bila terlalu sering ngeseks. Padahal sewajarnya, pria usai bercinta akan makin cerah wajahnya, bahkan wanita bisa awet cantik.

Apa yang dialami pria tak disebut namanya itu, membuat keheranan ahli medis dan menganjurkannya untuk konsultasi kepada ahli. Padahal pria itu tidak mengalami gangguan mata bila kerja berat atau melakukan aktivitas yang menguras banyak tenaga sekalipun.

Menurut ahli medis rumah sakit di Departemen Ophthalmology di Glostrup, Copenhagen Denmark, pria itu mengalami kelainan. Bila melakukan seks akan tercipta kondisi vasokonstriksi, yaitu terjadi kontraksi dinding otot hingga menyumbat pembuluh darah. Aliran darah ke saraf mata pun terganggu bahkan tertutup.

Dijelaskan, vasokonstriksi adalah kondisi yang bisa mengakibatkan disfungsi ereksi, demikian ditulis laman Daily Mail (29/11/2010). Sebelumnya, dokter mendiagnosa pria tersebut mengalami embli yang mengakibatkan kebutaan.

Mekanisme hepotesis ini, pria itu mengalami gangguan visual transient di matanya meliputi vasakonstriksi yaitu muncul embli saat penyediaan darah arteri ke mata sehingga pandangan terganggu.

Namun pada laporan pengakuan berikutnya setelah diteliti, pria itu tidak ada gejala emboli. Akhirnya pria tersebut diberikan perawatan untuk memperlebar pembuluh darah ke arah matanya. (Widodo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com