Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hummer Berani Garuk Tanah

Kompas.com - 29/11/2010, 14:27 WIB

KOMPAS. com - Tampilan Hummer H3 ini terkesan super jangkung lantaran velg standarnya sudah diganti dengan yang 24 inci. Padahal, untuk ukuran jip Amerika, velg segitu masih terbilang kecil. Yang bikin mobil baru ini jadi tinggi karena pemakaian ban 37 inci.

David Sadikun yang asal Medan, Sumatera Utara, memang penyuka modifikasi SUV dan D-Cab super jangkung. Ketertarikan itu lantaran barkaitan dengan dunia bisnisnya, yakni pemasar aksesori untuk SUV dan D-Cab bergaya off-road.

"Ini baru setengah bangun, belum lengkap semua aksesorinya," bilang David. Untuk keempat roda saja sudah menghabiskan Rp65 juta. Rinciannya, velg produksi ARR Ion 24 inci dibeli Rp30 juta, sedang ban Kumho Road Adventure 37x14.00R24 didapat dengan kocek Rp35 juta.

Biasanya, Hummer dengan ban besar sering mentok pada lengkungan fender. Di sini David sudah mengetahuinya permasalahannya dan solusinya memainkan suspensi dengan lift kit package seri RS9000XL terdiri dari per daun, sokbreker, cross-member, extended cast steering knuckles, bushing dan bracket arm.

Fitur-fitur tersebut memungkinkan sokbreker bisa disetel keras-empuknya dalam sembilan tahap secara manual. Suspensi ini bisa meninggikan bodi H3 sampai 7 inci. Harganya, menurut David US$5.000 dan sudah termasuk shipping.

Per daun di suspensi belakang diganti dengan Rancho RS6558 dan proses penggantiannya hanya 2 hari. Hasilnya, David mengklaim bantingannya empuk, enggak limbung dan kalau ada tanjakan juga lembut naiknya. (Angga)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com