Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meragukan, Program Nuklir di Myanmar

Kompas.com - 21/11/2010, 01:13 WIB

WINA, Kompas.com - Seorang mantan pejabat nuklir senior Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyuarakan keraguannya terhadap dugaan tentang upaya Myanmar yang dikhawatirkan tengah mengembangkan bom atom. Menurutnya, bukti yang ada tidak cukup menguatkan tuduhan itu.

"Sepertinya hal itu bukan ... merupakan sebuah program nuklir seperti yang dituduhkan," kata Olli Heinonen, yang mundur dari kursi pengawas nuklir dunia PBB pada Agustus lalu.

"Tidak ada bukti tentang itu namun tetap perlu mengklarifikasi tentang apa yang terjadi," kata Heinonen, yang merupakan cendikiawan di Universitas Harvard, kepada Reuters pada Jumat.

Sebuah kelompok asing asal Norwegia pada Juni lalu mengatakan bahwa Myanmar memiliki program rahasia yang bertujuan untuk memperoleh kemampuan senjata nuklir, yang berlanjut dengan beberapa dugaan yang sama oleh para pembelot dari negara tertutup itu.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA), bekas instansi yang mempekerjakan Heinonen, pada saat itu mengatakan bahwa mereka tengah mencari tahu tentang laporan itu. Myanmar merupakan anggota dari Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir (NPT) dan badan atom PBB yang bermarkas di Wina itu.

Kepada IAEA September lalu, Myanmar menyatakan bahwa tuduhan tersebut tidak berdasar dan aktivitas nuklirnya murni bertujuan damai.

Negara miskin dan terisolasi tersebut berada di bawah sanksi negara Barat selama dua dekade, dan para analis menilai bahwa nuklirisasi Myanmar dapat memicu persaingan senjata di wilayah Asia Tenggara.

Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton, tahun lalu mengatakan bahwa ia khawatir tentang kemungkinan perpindahan teknologi nuklir ke Myanmar dari Korea Utara, yang telah meninggalkan perjanjian NPT dan melakukan uji coba nuklir sebanyak dua kali.

Perlengkapan canggih

Heinonen mengatakan bahwa Myanmar sebaiknya membolehkan badan PBB untuk mengklarifikasi tentang aktivitas negara tersebut. Dia juga mengatakan bahwa beberapa teka-teki tentang pembelian sejumlah peralatan canggih dan mahal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com