Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gejala Kanker Payudara

Kompas.com - 19/11/2010, 11:01 WIB

TANYA:

Saya mau tanya ciri-ciri dari kanker payudara itu bagaimana? Benjolan di ketiak apa juga bisa menjadi salah stu tanda kanker payudara, karena di ketiak kanan saya ada benjolan. Selain itu, payudara kanan saya terasa lebih kecil daripada yang kanan. Apa yang seharusnya saya lakukan, dan bagaimana penanganannya? Perlu diketahui bahwa benjolan di ketiak saya sudah cukup lama, mungkin 1 tahun lebih, tetapi tidak menunjukkan suatu tanda yang signifikan, hanya terkadang nyeri, tetapi setelah itu tidak lagi?
Dhini (17), Madiun

JAWAB:

Mbak Dini yang baik, yang dimaksud dengan kanker adalah benjolan yang bersifat ganas. Kanker payudara berarti adanya benjolan yang bersifat ganas di area payudara, di mana pertumbuhan benjolan tersebut bersifat cepat dan mengubah struktur jaringan sekitar, seperti misalnya terjadi kerutan kulit di atas benjolan tersebut atau sering disebut dengan istilah peau d'orange, di mana kulit di atas benjolan keriput seperti kulit jeruk.  Lalu sering kali terjadi ulkus atau tukak akibat avaskularisasi jaringan di atasnya karena pertumbuhan jaringan benjolan ganas yang cepat, disertai nyeri tekan, dan perubahan warna kulit di atas benjolan menjadi merah kebiruan.

Sedangkan untuk di ketiak terdapat kelenjar limfe, yaitu kelenjar yang berguna untuk membentengi penyebaran infeksi ataupun kanker dari daerah dada termasuk payudara. Saya sarankan sebaiknya Anda berkunjung ke dokter yang dipercaya karena saya rasa apa yang Anda alami memerlukan pemeriksaan yang akurat. Apabila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang tambahan, seperti USG payudara atau mamografi, bahkan mungkin biopsi atau pengambilan sampel jaringan sedikit untuk mengetahui apa sebenarnya benjolan itu. Semoga bisa membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com