Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Bakal Tambah Jet Tempur F-35

Kompas.com - 18/11/2010, 10:54 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Israel mengadakan perundingan dengan Amerika Serikat untuk memperoleh tambahan 20 jet tempur F-35 buatan Perusahaan Lockheed Martin, kata pejabat tinggi pertahanan Israel, Rabu (17/11).

Seorang perwira pertahanan, Letnan Jenderal Gabi Ashkenazi, mengatakan Israel akan menerima 20 lagi pesawat F-35 pada akhir persetujuan yang disepakati Oktober lalu untuk membeli sebanyak 20 jet siluman yang berharga sekitar 96 juta dolar AS per satu pesawat.

"Yang saya ketahui mengenai kabar terbaru itu bahwa hal ini masih dalam perundingan antara pemerintah Israel dan pemerintah AS," katanya kepada media bersama dengan perwira tinggi militer AS, Laksamana Mike Mullen. "Saya belum mengetahui keputusan akhir hal itu," kata Ashkenazi.

Sejumlah media telah mengabarkan bahwa pemerintah Presiden AS Barack Obama menawarkan tambahan jet kepada Israel atas pertukaran dengan tiga bulan penghentian pendirian permukiman baru yang menjadi masalah utama bagi upaya kesepakatan perdamaian Palestina dan Israel. Menurut sumber dari Israel, penawaran yang dibicarakan sewaktu pertemuan antara Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton, dan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, di New York pekan lalu membicarakan penawaran F-35 seharga 3 miliar dollar AS dan perjanjian pemberian dukungan oleh para diplomat AS kepada Israel di PBB.

Israel mengatakan bahwa pengiriman pertama sejumlah jet itu akan dilakukan pada 2015 hingga 2017 sehingga akan meningkatkan kemampuan Israel untuk melindungi dirinya dan menggempur negara-negara yang menjadi ancaman di Timur Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com