Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Kargo China Hilang di Okinawa

Kompas.com - 11/11/2010, 15:17 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Sebuah kapal kargo China hilang di lepas pantai Pulau Okinawa, Jepang dan orang-orang yang selamat dari kapal itu telah ditemukan, kata media negara Kamis (11/11). Berita tersebut disiarkan oleh kantor berita China, Xinhua, tanpa memberikan rincian lain.

Okinawa merupakan tempat terdekat dari perairan itu, yang diklaim kedua pihak, dan menjadi tempat terjadinya tabrakan antara kapal pukat harimau China dengan kapal penjaga pantai Jepang pada September lalu, yang kemudian memicu terjadinya sengketa diplomatik.

Sementara itu, pasukan penjaga pantai Jepang mengaku telah membocorkan video tabrakan antara sebuah kapal penangkap ikan China dan kapal patroli Jepang yang disiarkan di internet. Tindakan itu dianggap dapat menyakiti upaya memperbaiki hubungan, kata media domestik, Rabu.

Hubungan antara dua negara ekonomi terkuat Asia itu telah memanas sejak September, ketika Jepang menahan kapten kapal penangkap ikan China yang bertabrakan dengan kapal penjaga pantainya di dekat kepulauan yang disengketakan di Laut China Timur, lokasi kaya potensi cadangan minyak dan gas.

Seorang penjaga pantai telah mengaku membocorkan video tabrakan itu, kata penyiar NHK, mengutip para penyelidik. Beijing pekan lalu menyatakan prihatin kepada Jepang mengenai tayangan video tersebut, yang menunjukkan kapal China sedang digiring kapal patroli Jepang dan hal itu bisa memperkeras pendapat umum Jepang terhadap China. Nakhoda China ditahan atas insiden itu, tetapi kemudian dibebaskan, satu langkah yang membuat Perdana Menteri Naoto Kan dikecam keras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com