Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Menyambut Hangat Pemilu AS

Kompas.com - 05/11/2010, 06:01 WIB

Kegembiraan Israel tampak meluap menyambut hasil pemilu sela AS yang mengantarkan Partai Republik kini mendominasi House of Representatives, majelis rendah di Kongres, meskipun gagal menguasai Senat. Radio Israel menyatakan, Israel bisa mengambil manfaat dari adanya pergeseran peta kekuatan di DPR AS ini.

Menurut radio tersebut, jika terjadi perbedaan pendapat antara Israel dan pemerintahan Presiden Barack Obama, Israel bisa melobi DPR AS untuk menekan Obama.

Pemerintah Israel dan AS saat ini terlibat perbedaan pendapat tajam soal isu pembangunan permukiman Yahudi di Tepi Barat dan Jerusalem Timur.

Kalangan Partai Likud juga menganggap, kekalahan Partai Demokrat dari Republik pada pemilu sela hari Selasa lalu merupakan kemenangan PM Benjamin Netanyahu atas Presiden Obama. Kekalahan Demokrat itu membuat posisi Presiden Obama menjadi lemah, yang akan memaksanya lebih memberikan perhatian pada isu dalam negeri daripada isu luar negeri dalam upaya memperbaiki citra agar terpilih lagi pada pemilu presiden mendatang.

Analis politik Israel, Natasha Mozgovaya, dalam harian Haaretz edisi Kamis (4/11) menulis tentang anggota DPR asal Republik yang sangat pro-Israel.

Ia menyebut Eric Cantor, anggota DPR Partai Republik dari wilayah Virginia. Cantor mengatakan kepada harian Haaretz, dominasi Republik atas DPR akan berdampak positif atas hubungan bilateral AS-Israel.

”Sistem check and balance mengizinkan kami ikut mengontrol kebijakan Pemerintah AS menyangkut isu luar negeri,” ungkap Cantor.

Menurut dia, jika Republik meraih mayoritas, pihaknya akan menggunakan platform besar Republik bahwa menciptakan Israel yang kuat adalah kepentingan strategis dan moral AS.

”Kami akan menekan pemerintahan Obama agar mau berkompromi dengan Israel soal isu keamanan,” tambah Cantor pada harian Israel itu.

Terdapat anggota DPR Partai Republik lain yang dikenal sangat pro-Israel, yaitu John Boehner (anggota DPR Partai Republik dari wilayah Ohio). Boehner dipastikan akan memimpin DPR AS. Ada lagi anggota DPR Partai Republik dari wilayah Florida yang dikenal pro-Israel, yaitu Ileana Ros-Lehtinen.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com