Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mehsud Kedua ke Alam Baka

Kompas.com - 01/11/2010, 20:11 WIB

KOMPAS.com — Yaqood Mehsud tewas di Pakistan barat laut. Menurut warta Xinhua, 1 November 2010, yang mengutip stasiun televisi lokal Pakistan, Express, saudara almarhum Baitullah Mehsud itu tewas oleh peluru anggota militan yang tak teridentifikasi.

Sebelumnya, informasi resmi menunjukkan bahwa pihak Pakistan kesulitan mengidentifikasi korban. Namun, penduduk lokal di kawasan yang juga terkenal dengan nama Waziristan Utara itu mengenali sosok Yaqood.

Yaqood adalah satu dari tiga bersaudara Mehsud yang menurut anggapan pihak pasukan internasional pimpinan NATO adalah petinggi Taliban Pakistan. Kematiannya menyusul saudaranya, Baitullah Mehsud, yang terbunuh dalam serangan udara NATO pada Januari 2010.

Pengganti Baitullah adalah saudaranya, Hakimullah Mehsud. Hakimullah dalam serangan udara di atas justru selamat. Pada Mei 2010, wajahnya muncul dalam tayangan video. Di situ, Hakimullah mengancam bakal sering mengobrak-abrik kepentingan AS beserta antek-anteknya di Afganistan dan Pakistan. Kini, NATO makin getol menguber-uber Hakimullah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com