Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Kecam Latihan Perang Multinasional

Kompas.com - 16/10/2010, 14:31 WIB

SEOUL, KOMPAS.com Korea Utara, Sabtu (16/10/2010), mengecam keras partisipasi Korea Selatan dalam satu latihan perang laut multinasional yang diadakan awal pekan ini untuk mencegah pengiriman senjata-senjata perusak massal dengan menyatakan bahwa hal itu adalah deklarasi perang.

"Satu blokade laut menunjukkan bahwa ini adalah saatnya perang dan hal tersebut tak bisa ditoleransi," kata Rodong Sinmun, surat kabar harian yang diterbitkan oleh Partai Pekerja Korea Utara, dalam komentarnya yang dimuat oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA). "Itu adalah suatu provokasi militer terhadap kami (Korea Utara) dan juga merupakan deklarasi perang."

Latihan militer dua hari yang bertujuan untuk mencegat senjata-senjata perusak massal dan berakhir di perairan selatan Korea Selatan itu diselenggarakan pada 13-14 Oktober atas nama Prakarsa Keamanan Proliferasi (PSI) yang dipimpin Amerika Serikat dengan sandi "Eastern Endeavor 10". Sekitar 10 kapal perang dan pesawat tempur dari Korea Selatan, AS, Jepang, dan Australia ikut ambil bagian dalam pelatihan tersebut.

"Korea Utara dan Selatan perlu meningkatkan gairah untuk membangun hubungan, bukannya tembakan-tembakan senjata," kata surat kabar itu. "Kebuntuan  antar-Korea tidak akan menciptakan sesuatu yang baik bagi Selatan."

Seoul mengumumkan rencana pada bulan Mei lalu untuk menjadi penyelenggara pelatihan PSI, menyusul tenggelamnya sebuah kapal perang Korea Selatan pada Maret, Cheonan, dan mempersalahkan Korea Utara. Walau demikian, Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan, latihan terakhir tersebut tidak ditargetkan pada suatu negara tertentu, termasuk Korea Utara.

Sebagai informasi, Korea Selatan menjadi anggota penuh PSI sejak tahun lalu setelah Korea Utara melakukan uji coba senjata nuklirnya yang kedua. Korea Utara telah mengecam gerakan itu sebagai pengumuman perang terhadap Pyongyang. Pyongyang membantah bahwa pihaknya bertanggung jawab atas tenggelamnya kapal Cheonan, yang menewaskan 46 pelaut Korea Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com