Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Gates Akan Hadiri Temu Bisnis G-20

Kompas.com - 10/10/2010, 15:24 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Lebih dari 100 pemimpin bisnis global termasuk pendiri Microsoft Bill Gates telah mengkorfirmasi kehadirannya dalam pertemuan bisnis G-20 di Seoul bulan depan.

Panitia pada Minggu (10/10/2010) mengatakan, Gates yang memiliki yayasan amal Bill and Melinda Gates Foundation akan termasuk dalam 112 eksekutif yang berpartisipasi dalam pertemuan pada 10-11 November di sela acara G-20 Summit pada 11-12 November mendatang.

Dalam sebuah pernyataan pihak pelaksana mengatakan bahwa 35 pemimpin bisnis berasal dari sektor manufaktur atau IT, 28 dari sektor keuangan, 25 dari sektor energi dan 24 dari sektor logistik, maritim dan lainnya.

Mereka mengatakan total penjualan dari perusahaan-perusahaan yang akan mengambil bagian dalam acara itu mencapai empat triliun dolar dan asetnya diperkirakan berjumlah 30 triliun dolar.

Perusahaan-perusahaan tersebut meliputi Royal Dutch Shell dari Belanda, Total dari Prancis, ING Financial Group dari Belanda, Bank of America, Hewlett-Packard dan Nestle dari Swiss.

Korea Selatan mendesak agar pertemuan bisnis itu dapat menjadi bagian dari prosesi acara pertemuan G-20.

Mereka mengatakan bahwa para pemimpin eksekutif itu dapat mendiskusikan permasalahan ekonominya dalam diskusi meja bundar dengan para pemimpin politik, yang diperkirakan akan termasuk Presiden Amerika Serikat dan China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com