Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangkang China Raih Nobel Perdamaian

Kompas.com - 08/10/2010, 16:23 WIB

OSLO, KOMPAS.com Liu Xiaobo, pembangkang China yang dipenjara, meraih Nobel Perdamaian 2010, Jumat (8/10/2010), atas perjuangannya terhadap hak asasi manusia. Hal tersebut disampaikan Komite Nobel Norwegia.

Thorbjoern Jagland selaku Presiden Komite Nobel Norwegia dalam pengumumannya mengatakan, "Dia dihargai atas perjuangannya yang panjang dan tanpa kekerasan terhadap hak asasi manusia di China. Komite Nobel Norwegia telah lama percaya bahwa ada hubungan yang erat antara hak asasi manusia dan perdamaian."

Sementara itu, Beijing sering memperingatkan Komite Nobel Norwegia untuk tidak mendukung aktivis pro-demokrasi. Mereka bahkan secara khusus, baru-baru ini, memperingatkan komite tersebut tentang Liu, yang membantu menyusun Piagam 08, sebuah manifesto pro-demokrasi yang menuntut reformasi politik. Beijing memperingatkan bahwa pemilihan terhadap Liu akan merusak hubungan mereka dengan Norwegia.

Sebagai informasi, aktivis politik berusia 54 tahun itu dihukum penjara selama 11 tahun pada bulan Desember tahun lalu oleh pengadilan di Beijing. Dia ditahan atas tuduhan subversi karena menyerukan reformasi politik di China, termasuk menuntut kebebasan berkumpul, kebebasan berekspresi, dan kebebasan beragama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com