Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Korea Bersatu

Kompas.com - 29/09/2010, 11:21 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Delegasi Pemerintah Korea Selatan dan Utara akan bertemu pekan ini dalam perundingan militer yang pertama kalinya digelar dalam 2 tahun terakhir dan ditujukan untuk meredakan ketegangan antarperbatasan kedua negara. Perundingan ini akan melibatkan tiga pejabat pemerintah dari masing-masing negara dan berlangsung Kamis (30/9/2010) di dusun wilayah gencatan senjata perbatasan Panmunjom.

Hubungan kedua negara memburuk setelah Korsel menuduh Korut menembakkan torpedo ke arah salah satu kapal perangnya pada Maret sehingga menewaskan 46 orang. Korea Utara yang membantah terlibat dalam insiden tersebut berupaya memulihkan hubungan bulan ini.

Korut mengembalikan sebuah kapal penangkap ikan Korsel dan tujuh awaknya seperti yang diusulkan dalam kelanjutan reuni keluarga kedua Korea serta menerima aliran bantuan pangan dari negara tetangganya itu.

Pada 24 September, Korut mengusulkan perundingan militer untuk membahas konflik perbatasan Laut Kuning serta propaganda penyebaran selebaran berisi seruan anti-Pyongyang di sepanjang perbatasan oleh sejumlah aktivis. Sementara Korsel menyarankan agar pertemuan besok mencakup agenda tentang dugaan keterlibatan Pyongyang dalam insiden penenggelaman kapal perang Seoul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com