Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesepeda Jakarta Gelar Acara Silaturahim

Kompas.com - 26/09/2010, 03:22 WIB

jakarta, kompas - Sejumlah komunitas pesepeda di Jakarta menggelar acara silaturahim dan halalbihalal pesepeda, Minggu (26/9) ini mulai pukul 06.30. Acara tersebut diadakan bersamaan dengan hari bebas kendaraan bermotor di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

Selain untuk memeriahkan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB), silaturahim dan halalbihalal pesepeda yang diselenggarakan oleh Sepedaku.com, Komunitas Onthel Batavia, Bikepacker Indonesia, Asosiasi BMX Indonesia, Id-Folding Bike, dan Custom Conspiracy itu dimaksudkan memanfaatkan sisi kreativitas dan budaya pesepeda.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Kompas, Sabtu (25/9), dari penyelenggara, acara tersebut dikaitkan langsung dengan peran komunitas sepeda dalam membangun konsep dan nilai-nilai bersepeda secara apa adanya. Acara itu juga dimaksudkan untuk mengedepankan partisipasi aktif dari anggota dan simpatisan lainnya.

Silaturahim dan halalbihalal akan diawali dengan makan pagi lesehan bersama. Acara ini merupakan agenda utama silaturahim dan halalbihalal pesepeda. Para peserta diharuskan membawa perlengkapan piknik dari rumah, baik makanan, rantang, tikar, maupun perlengkapan lain.

”Ini dimaksudkan agar suasana kebersamaan dan kekompakan bisa tercipta dengan sendirinya, selain menciptakan kemeriahan tradisional di tengah modernitas Ibu Kota,” seperti yang tertulis dalam siaran pers yang dikeluarkan panitia.

Para peserta silaturahim akan dihibur orkes dangdut dorong Terajana-Manggarai. Orkes dangdut dorong, menurut panitia, merupakan simbol hiburan yang apa adanya, tak membutuhkan panggung, tidak butuh listrik besar, tidak butuh artis, dan tidak butuh lokasi yang luas. Sebagai bintang tamu dihadirkan Oris Trio, Pagi Band, Koronka, dan bintang tamu lainnya.

Bazar dan lomba

Di arena silaturahim digelar pula bazar suku cadang sepeda, klithikan, dan barang-barang zaman dulu. Di bazar itu dijual aneka kebutuhan dan aksesori yang dibutuhkan para pesepeda.

Kemeriahan dan kebersamaan dilengkapi dengan aneka lomba yang bisa diikuti peserta, di antaranya lomba tarik tambang, balap kelereng, makan kerupuk ala pengonthel, yang dilakukan sambil bersepeda.

Acara silaturahim dan halalbihalal kali ini merupakan lanjutan acara Djakarta Bersepeda pada Mei 2009 dan tamasya sepeda pada Februari 2010.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com