Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Ahmadinejad Keterlaluan

Kompas.com - 24/09/2010, 10:24 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Presiden Barack Obama menilai pidato Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dalam Sidang Majelis Umum PBB, Kamis (23/9/2010), tentang teori konspirasi dalam serangan 11 September 2001 sudah keterlaluan.

Juru Bicara Gedung Putih Robert Gibbs mengatakan, "Presiden (Obama) menilai komentar-komentar (Ahmadinejad) itu keterlaluan dan menyinggung, mengingat kita begitu dekat dengan ground zero, lokasi serangan itu di New York."

Sementara Mark Kornblau, juru bicara misi AS untuk PBB, mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Ketimbang mewakili aspirasi dan niat baik rakyat Iran, Ahmadinejad (malah) kembali memilih menyemburkan teori konspirasi keji dan hinaan anti-Semit yang menjijikkan dan merupakan khayalan."

Dalam Sidang Majelis Umum PBB, Ahmadinejad, sebagaimana dikutip CNN, mengatakan, "Beberapa unsur dalam Pemerintah AS mengatur serangan itu."  Dia menambahkan dengan klaim bahwa serangan itu ditujukan untuk membalikkan kemerosotan ekonomi Amerika dan pengaruhnya di Timur Tengah demi menyelamatkan rezim zionis. "Mayoritas rakyat Amerika, sebagaimana juga banyak negara lain dan politisi di seluruh dunia, setuju dengan pandangan ini."

Barack Obama tampil lebih dulu dalam sidang PBB itu dan dia sudah meninggalkan lokasi saat Ahmadinejad tampil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com