Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Muslim AS Serukan Dukungan

Kompas.com - 21/09/2010, 09:31 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Para pemimpin Muslim-Amerika berkumpul, Senin (20/9/2010), guna menyuarakan dukungan mereka bagi pembangunan masjid di Amerika dan lebih khusus untuk rencana pusat Islam dan masjid yang dikenal sebagai Park51 di dekat Ground Zero di Manhattan, New York.

Imam Al-Amin Abdul Latif, Presiden Dewan Pimpinan Islam Metropolitan New York, membaca sebuah pernyataan bersama di tangga lokasi Park51. "Kami mewakili hak konstitusional warga Muslim dan Amerika dari semua agama untuk membangun rumah ibadah di mana saja di negara kita sebagaimana diizinkan oleh undang-undang dan peraturan setempat," kata Latif seperti dikutip CNN, Selasa.

Dia menambahkan, kelompok itu mewakili lebih dari 55 masjid dan organisasi Islam di New York City yang "berdiri menentang rasisme, kebencian, sikap tidak toleran atas dasar agama dan fanatisme etnis yang diarahkan terhadap Islam dan Muslim Amerika". Pernyataan kelompok itu juga menyerukan dialog seminggu untuk membantu memerangi kefanatikan serta mempromosikan pemahaman dan toleransi agama dalam masyarakat sipil.

Latif mengatakan kepada wartawan bahwa sejumlah masjid di seluruh AS akan melakukan open house selama akhir pekan pada 22-24 Oktober untuk membantu orang-orang dari agama lain lebih memahami Islam dan umat Muslim.

Mahdi Bray, pemimpin Muslim dari MAS Freedom, yakin pusat Islam di Park51 bisa dilihat sebagai simbol rekonsiliasi, simbol persatuan dan simbol saling menghormati. Dia menegaskan, "Tidak satu pun dari organisasi kami yang mampu memberikan uang ke proyek tersebut. (Namun) kami mendukung gagasan itu dan kami memberikan dukungan sosial dan politik di belakangnya."

Para pengembang Park51 mengeluarkan sebuah pernyataan tertulis menyusul konferensi pers itu untuk mengucapkan terima kasih kepada para pemimpin Muslim-Amerika atas dukungan mereka. "Komunitas kami tetap berkomitmen membangun jembatan pemahaman bagi para tetangga kami, bagi kota kami dan seluruh Amerika. Park51 akan mewujudkan komitmen itu. Dengan demikian, tempat itu menyediakan layanan yang sangat dibutuhkan warga New York dari semua latar belakang yang tinggal dan bekerja di Lower Manhattan," bunyi pernyataan yang dikeluarkan pengembang Park51.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com