Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Internasional

Meksiko Membeli Enam Helikopter Caracal

Kamis, 16 September 2010 | 06:31 WIB

MESIKO CITY, KOMPAS.com - Meksiko telah menandatangani perjanjian dengan Prancis untuk membeli enam helikopter militer dari Eurocopter, di tengah tekanan yang meningkat terhadap tentaranya dalam gelombang kekerasan terkait obat bius.

"Keenam helikopter EC 725 Cougar, juga dikenal sebagai Caracal, itu akan bergabung dengan enam helikopter sejenis lainnya yang telah dikirim oleh unit helikopter raksasa angkasa Eropa EADS (Pertahanan Aeronautika dan Angkasa Eropa)," kata seorang pejabat kedutaan besar Prancis.

Perjanjian itu telah diumumkan pertama kali oleh Presiden Prancis Nicolas Sarkozy di Meksiko tahun lalu.

Helikopter-helikopter itu akan digunakan untuk mengangkut staf, tidak hanya untuk operasi antiobat bius, tambah seorang pejabat kementerian pertahanan Mesksiko pada AFP.

Pemerintah telah mengerahkan sekitar 50.000 tentara di negara itu sejak 2006 untuk menghadapi kartel obat bius yang sangat berpengaruh.

Meningkatnya kekerasan terkait obat bius telah menyebabkan sekitar 28.000 orang tewas sejak itu, menurut beberapa pejabat.

Prancis juga telah meminjami Meksiko dua helikopter EC 725 untuk mengambil bagian dalam parade militer di ibu kota Meksiko Kamis (16/9/2010), pada saat dimulainya perayaan duaratus tahun kemerdekaan Meksiko dari Spanyol.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: