Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Mau Bikin 11 Kapal Perang Brasil

Kompas.com - 15/09/2010, 15:22 WIB

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com — Inggris menawarkan diri untuk membuat 11 kapal perang baru bagi Brasil, demikian penjelasan Kedutaan Besar Inggris, Selasa.

Tawaran itu disampaikan Inggris saat Brasil menjajaki kontrak pertahanan lautnya untuk melindungi temuan cadangan minyak lepas pantai yang berjumlah besar. Kedubes Inggris menyebutkan, Wakil Menteri Luar Negeri Inggris untuk Kementerian Pertahanan, Gerald Howarth, menyampaikan tawaran itu kepada Pejabat Menhan Brasil, Julio Soares de Moura Neto, di atas kapal perang Inggris, HSM Ocean.

Howarth mengatakan, ia menyadari bahwa Brasil juga membuka peluang pihak asing lainnya untuk ikut memberikan penawarannya, tetapi ia yakin tawaran Inggris sedikit unggul karena masuk proyek antar-pemerintah. Dia mengatakan, tawaran Inggris itu meliputi pembangunan lima kapal patroli pantai, lima kapal pengawal, dan satu kapal pendukung logistik.

Brasil telah menandatangani kontrak pembelian kapal selam dan helikopter dengan Perancis dan akan segera mengumumkan pemenang tender kontrak pengadaan 27 jet tempur senilai miliaran dollar AS.

Tahun 2007, Brasil menemukan ladang minyak laut dalam di sepanjang lepas pantai Rio De Janeiro dan Sao Paulo. Cadangan minyak itu merupakan penemuan terbesar di dunia dalam 20 tahun terakhir karena diprediksi mengandung sekitar 7,9 miliar barrel minyak mentah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com