Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar AS Turun terhadap Mata Uang Utama

Kompas.com - 14/09/2010, 05:55 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Dollar AS turun dibanding sebagian besar mata uang utama pada Senin waktu setempat atau Selasa (14/9/2010). Peraturan baru perbankan global dan data kuat China mendukung kepercayaan investor atas aset-aset berisiko.

Euro naik menjadi 1,2880 dollar AS di New York pada 21.00 GMT dari 1,2680 dollar AS pada hari Jumat. Adapun "greenback" turun menjadi 83,61 yen pada 21.00 GMT dari 84,17 yen pada hari Jumat.

"Dollar AS dan yen merosot karena data ekonomi China yang kuat dan perkenalan kerangka peraturan Basel III mengirim aset-aset berisiko naik," analis di DailyFX.com mengatakan hal itu dalam catatannya.

Pertemuan para bankir bank sentral terkemuka dan regulator di Basel, Swiss, pada hari Minggu menyetujui langkah-langkah yang mewajibkan bank-bank untuk menaikkan cadangan modal mereka secara substansial sebagai penyangga terhadap gangguan keuangan yang akan datang.

Peraturan baru akan memaksa bank-bank untuk meningkatkan lebih dari tiga kali lipat cadangan mereka saat ini, dari sekitar dua persen menjadi tujuh persen antara 2013 dan 2019.

"Perpanjangan jangka waktu meredakan kekhawatiran di kalangan investor bahwa perbaikan bisa menekan pemulihan dari resesi terburuk dalam beberapa dekade," kata analis.

Optimisme tentang pemulihan global juga memberikan dorongan baru setelah Beijing mengatakan pada hari Sabtu bahwa output (produksi) industri China meningkat 13,9 persen tahun-ke-tahun pada Agustus dibandingkan dengan 13,4 persen pada Juli.

Terhadap mata uang utama lainnya, dollar AS turun menjadi 1,0076 franc Swiss dari 1,0191 pada Jumat. Adapun poundsterling Inggris naik menjadi 1,5428 dollar AS dari 1,5350 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com