Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Tak Takut Perang Lawan China

Kompas.com - 11/09/2010, 15:25 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com - Survei yang dirilis Sabtu (11/9/2010) waktu setempat, mendapati kebanyakan orang Taiwan tak takut perang dengan China, tapi publik negeri itu mempunyai sentimen negatif terhadap pemerintah serta penduduk di China daratan.

Dalam skala 1 sampai 10 dimana 1 artinya tidak takut sama sekali dengan peluang terjadinya perang, rata-rata responden menjawab 3,2. Survei itu sendiri digalang oleh United Daily News.

Namun demikian, 54 persen dari para responden mengungkapkan sentimen negatif mereka terhadap pemerintahan China, yang mereka sebut sebagai otoriter dan korup.

Lalu 31 persen lainnya menyatakan kesan positif, menyebutkan pemerintahan China efisien dan bersahabat.

Survei itu juga mendapati, 47 persen responden menilai penduduk China daratan sebagai tidak berbudaya dan terlalu perhitungan.

Di antara 38 persen responden yang menyatakan hal positif tentang penduduk China menyebut mereka sebagai orang-orang yang hangat dan rajin.

Survei itu dirilis setelah lebih dari dua tahun politisi yang erat dengan Beijing, Ma Ying-jeou, berhasil menjadi Presiden Taiwan.

Ma menjanjikan ekonomi Taiwan yang lebih baik dengan cara mengeratkan hubungan Taiwan dengan China daratan.

Meskipun hubungan antara Taiwan dan China mengalami perbaikan yang dramatis di bawah pemerintahan Ma, Beijing masih saja mengklaim pulau yang sejak tahun 1949 memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai bagian dari China dan reunifikasi harus dilakukan mesti bila itu artinya perang.

Survei itu dibawakan lewat wawancara per telpon yang berlangsung di rentang masa 20-26 Agustus dengan total responden 1.001 orang. Akurasi survei disebut-sebut mencapai 95 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com