Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Demo Tak Pengaruhi Turis Malaysia

Kompas.com - 10/09/2010, 21:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya aksi demonstrasi terhadap pemerintah Malaysia tak menyurutkan minat wisatawan asal negara tetangga tersebut melancong ke Indonesia. Menteri Budaya dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik mengklaim, pengaruh aksi demonstrasi itu tidak ada.

"Secara turisme tidak ada pengaruhnya. Mereka (wisatawan Malaysia) tahu bahwa negara kita demokratis," katanya usai bersilaturahim dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono di Istana Negara, Jumat (10/9/2010).

Tahun ini pemerintah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan Malaysia di atas 1,5 juta orang atau lebih tinggi dari tahun lalu. Jero menjelaskan tahun 2009 jumlah wisatawan Malaysia mencapai 1,4 juta orang.

Jero Wacik yakin, target itu bisa tercapai. "Sebab, ekonomi baik, keamanan baik, citra di luar negeri baik," kata politikus Partai Demokrat itu.

Demonstrasi mengecam pemerintah Malaysia marak setelah aksi penangkapan tiga pegawai patroli Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 13 Agustus lalu. Para pengunjuk rasa menganggap tindakan Polis Diraja Malaysia itu telah menginjak kedaulatan Indonesia. Sebab, penangkapan itu dianggap terjadi di wilayah perairan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com