Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu Australia Tanpa Pemenang

Kompas.com - 23/08/2010, 17:01 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com Para pemimpin politik Australia membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk membentuk pemerintahan baru setelah pemilihan umum pada hari Sabtu tidak menghasilkan suara mayoritas di parlemen. Demikian dikatakan para pengamat, Senin.

Pemerintahan terpaksa dijalankan pejabat sementara setelah Partai Buruh yang berkuasa dan berhaluan kiri-tengah pimpinan Perdana Menteri Julia Gillard serta koalisi oposisi konservatif Liberal/Nasional pimpinan Tony Abbott tidak memenangkan suara mayoritas. Partai-partai besar itu harus bernegosiasi dengan calon-calon independen dan satu Partai Hijau yang sepertinya akan terus memegang keseimbangan kekuatan di parlemen. Menurut para pengamat, proses itu dapat memakan waktu hingga tiga bulan sebelum akhirnya pemerintah baru terbentuk.

Profesor Donald Rothwell mengatakan, parlemen harus mengadakan rapat dalam waktu 30 hari sejak pejabat pemilihan menegaskan nama setiap kandidat yang terpilih. Namun, komisi itu baru dapat memastikan nama-nama itu pada 27 Oktober. "Hal ini bisa memungkinkan Perdana Menteri Gillard untuk memanggil jajarannya dalam rapat DPR paling lambat pada 26 November 2010 sehingga baru tiga bulan kemudian kesepakatan tercapai dengan para kandidat independen," katanya.

Rothwell, profesor di Australian National University College of Law, mengatakan, Gillard bisa tetap menjadi perdana menteri sementara sampai saat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com