Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Israel Curi Komputer Aktivis

Kompas.com - 19/08/2010, 16:41 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Dua prajurit Israel diduga telah mencuri komputer di kapal bantuan kemanusiaan Gaza yang diperiksa Angkatan Laut setelah sebuah penyergapan berdarah 31 Mei lalu, kata media Israel, Kamis (19/8).

Seorang prajurit yang diduga menjual komputer-komputer itu ditahan, Senin, bersama dengan tiga prajurit lain yang membeli barang curian itu. Polisi militer juga menahan seorang letnan dua yang diduga mencuri komputer-komputer dari salah satu kapal-kapal bantuan itu, lapor harian Yediot Aharonot.

Para tentara itu memiliki akses di kapal-kapal tersebut setelah kapal-kapal tersebut dibawa ke pelabuhan Ashdof menyusul penyergapan di perairan internasional. Polisi militer menduga para tersangka mencuri empat hingga enam komputer jinjing dari salah satu kapal.

Seorang juru bicara militer mengkonfirmasi bahwa polisi militer sedang melakukan penyelidikan. Namun ia menambahkan bahwa, "Hingga saat ini belum ditentukan bahwa pencurian terjadi di salah satu dari kapal-kapal kemanusiaan itu."

Komando Angkatan Laut pada 31 Mei menggiring enam kapal yang mencoba mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza dalam upaya menerobos blokade Israel dan menewaskan sembilan aktivis Turki di kapal Mavi Marmara yang dimiliki oleh organisasi kemanusiaan Islam yang berkantor pusat di Turki.  Israel mengatakan, para prajurit menembakkan senjata dalam upaya mempertahankan diri setelah mereka diserang dengan tongkat kayu dan pisau. Namun para aktivis mengaku, prajurit Israel langsung melepaskan tembakan ketika turun dari helikopter ke dek atas Mavi Marmara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com