Selasa, 28 Maret 2017

Internasional

Injil Muncul Setiap Hari di Twitter

Senin, 16 Agustus 2010 | 15:58 WIB

LONDON, KOMPAS.com Seorang Kristen asal Inggris telah berjanji untuk menyebarkan ringkasan setiap bab dari Alkitab di Twitter.   Chris Juby (30) berencana untuk meringkas satu bab setiap hari menjadi kurang dari 140 karakter. Itu merupakan jumlah maksimum karakter yang diperbolehkan untuk sebuah entri di Twitter.

Juby, direktur ibadah di King's Church, Durham City, Inggris, sebagaimana diberitakan Telegraph.co.uk pada akhir peklan lalu sudah mulai dengan bab pertama dari Kitab Kejadian pada hari Minggu (8/8/2010) dan bermaksud meringkas semua (1.189) bab Alkitab.   Pekerjaan itu akan memakan waktu lebih dari tiga tahun dan entri terakhir akan terjadi 8 November 2013. Entri pertamanya di Twitter berbunyi, "Allah menciptakan langit, bumi, dan segala sesuatu yang hidup. Dia menciptakan manusia menurut citra-Nya, dan memberi mereka tanggung jawab atas bumi."

Juby mengatakan, "Sudah merupakan kebiasaan normal saya untuk membaca satu bab Alkitab setiap pagi dan saya selalu membaca dari Kitab Kejadian sampai Kitab Wahyu. Saat saya mencapai bagian akhir pada kesempatan terakhir, saya pikir saya membutuhkan suatu cara untuk memfokuskan pikiran saya sedikit lebih lanjut tentang apa yang saya baca. Saya berpikir sebuah ringkasan merupakan cara yang baik untuk melakukan itu. Saya sudah menggunakan Twitter sehingga saya pikir saya mau membagi ringkasan saya."

Alkitab Twitter Juby mengikuti publikasi seperti yang sudah pernah ada sebelumnya, misalnya Alkitab versi 100 menit, pesan teks SMS Alkitab, dan Alkitab Geordie.

Juby mengatakan, "Saya sangat bersemangat dalam proyek ini. Alkitab banyak berperan sebagai dasar dalam kebudayaan kita. Orang-orang seperti Shakespeare dan Dickens membuat referensi yang bersifat sehari-hari untuk apa yang sekarang kita anggap secara samar-samar merupakan bagian dari Kitab Suci. Namun, orang-orang—bahkan orang-orang Kristen—tidak berniat untuk membaca seluruh Alkitab. Hal ini mungkin sedikit dianggap sebagai suatu hal yang aneh untuk dilakukan. Saya harap, dengan membuat ringkasan, hal itu akan mengilhami orang untuk membaca Alkitab bagi diri mereka sendiri. Tentu saja, ringkasan saya bukanlah pengganti untuk hal yang sesungguhnya."

Editor : Egidius Patnistik