Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ayam Mahal" Landa Negeri Jiran

Kompas.com - 13/08/2010, 10:45 WIB

KOMPAS.com — Tak cuma di Indonesia yang mengalami kenaikan harga ayam menjulang saat Ramadhan. Menurut informasi yang terkumpul, satu ekor ayam potong kini bisa berbanderol lebih dari Rp 32.000 per ekor. Biasanya, unggas paling favorit untuk dikonsumsi itu cuma nangkring di kisaran Rp 27.000.

Nah, tampaknya, konsumen Indonesia tak perlu terlalu bersungut-sungut. Apa pasal, rakyat negeri jiran Malaysia pun tak kalah pusingnya dengan tetangganya, Nusantara. Di Malaysia, harga ayam juga melonjak drastis. Saat bulan puasa, harga ayam bisa mencapai 10 ringgit per kilogram. Andai kurs ringgit terhadap rupiah di posisi Rp 2.800, silakan menghitung sendiri!

Sementara sebelum Ramadhan, harga ayam di Malaysia cuma sekitar 6 ringgit per kilogram. "Tapi, kenaikan itu cuma sementaralah. Tak perlu panik. Itu kan karena permintaan memang melonjak," kata Deputi Menteri Perdagangan, Kerja Sama, dan Konsumsi Dalam Negeri Datuk Rohani Abdul Karim.

Masih terkait "ayam mahal" Datuk Rohani juga berkomentar, "Inilah taktik dari macam pedagang. Mereka naikkan harga karena permintaan banyak."

Datuk Rohani, sebagaimana catatan Bernama pada Jumat (13/8/2010), juga berkilah lagi bahwa pemerintah menyediakan 10,5 juta unggas setiap minggu. "Jadi saya rasa cukup. Demand-nya kan cuma sejuta," begitu kata Datuk Rohani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com