Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eks Presiden Dukung Legalisasi Narkotika

Kompas.com - 10/08/2010, 11:00 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Mantan presiden berhaluan konservatif Meksiko, Vicente Fox, mendukung legalisasi produksi, penjualan, dan distribusi narkotika ilegal, di saat negara itu semakin tenggelam dalam perang melawan narkotika.

"Yang harus dibuat legal adalah produksi, penjualan, dan distribusi obat-obatan ilegal," tulis Fox, mantan eksekutif Coca-Cola di blog mingguannya, setelah bertahun-tahun Meksiko dikemudi pemerintah yang bekerja sama dengan Amerika Serikat dalam perang terhadap narkoba.

Sejak tahun 2006 saja, lebih dari 28.000 orang tewas dalam kekerasan dan pertempuran antargeng dan mafia narkotika untuk mengendalikan rute pengiriman terutama ke pasar AS yang menguntungkan.

"Kita harus melihat (legalisasi) itu sebagai sebuah strategi untuk melawan dan mematahkan struktur ekonomi yang memungkinkan kartel mendapatkan penghasilan yang luar biasa," kata Fox, seorang anggota Partai Aksi Nasional (PAN) bersama Presiden Felipe Calderon.

Dalam blognya, Fox mengatakan pajak tinggi harus dibebankan untuk jenis usaha semacam itu yang akan digunakan untuk membantu orang-orang dalam pengobatan akibat kecanduan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com