Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI-China Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan

Kompas.com - 03/08/2010, 15:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Pemerintah Republik Indonesia dan Republik Rakyat China memperluas kerja sama di bidang pendidikan dengan prioritas pendidikan dasar, menengah, tinggi, kejuruan, dan pendidikan profesi.

Dalam siaran pers Kedubes RI di Beijing yang diterima Kompas.com, Selasa (3/8/2010), kerja sama tersebut akan dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Menteri Pendidikan Nasional RI dan Menteri Pendidikan RRC di Guiyang, Senin (3/8/2010), dalam Konferensi Tingkat Menteri ASEAN-RRC Pertama.

Dalam kerangka kerja sama ini, kedua pihak sepakat terus mendorong pertukaran siswa dan tenaga pengajar, pertukaran pengalaman di bidang pembelajaran iptek pada sekolah dasar dan menengah, serta peningkatan kualitas pendidikan. Pemberian beasiswa khususnya untuk program S1 dan S2 serta pelaksanaan riset dan publikasi internasional bersama juga menjadi program kerja sama kedua belah pihak.

Selain itu, kedua negara juga sepakat meningkatkan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia di RRC dan sebaliknya serta pendirian Pusat Bahasa Mandarin di enam universitas di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Pontianak, Bandung, Makassar, dan Malang).

Beasiswa untuk pengajar Bahasa Indonesia

Dalam kunjungan kerja ke Shanghai International Studies University, Senin (2/8/2010), Mendiknas Mohammad Nuh memaparkan program pemberian beasiswa untuk tenaga-tenaga pengajar di China yang mengajarkan pelajaran Bahasa Indonesia.

Menurut M Nuh, pengajaran Bahasa Indonesia oleh beberapa universitas utama di RRC tidak sekadar wujud perhatian China terhadap signifikansi Indonesia dari segi ilmu pengetahuan, tetapi juga refleksi semakin tingginya kepedulian mereka terhadap budaya dan perkembangan Indonesia di segala bidang. (Iskandar)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com