Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Gagalkan Pembajakan Pesawat

Kompas.com - 30/07/2010, 14:50 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Pasukan khusus Rusia melakukan serangan kilat, Kamis (29/7/2010), untuk menahan seorang pria yang telah membajak sebuah pesawat dalam penerbangan domestik ke Bandara Domodedovo di Moskwa.

"Dalam penerbangan itu, upaya telah dilakukan untuk membajak pasawat. Setelah pendaratannya di Domodedovo, pesawat itu dibebaskan berkat tindakan yang dikoordinasikan dengan baik oleh kementerian dalam negeri dan FSB (dinas keamanan domestik Rusia)," kata juru bicara Bandara Domodedovo kepada Reuters.

"Ini operasi paling cepat untuk membebaskan sebuah pesawat dalam sejarah penerbangan sipil Rusia."

Pesawat itu sedang dalam perjalanannya ke Moskwa dari kota penghasil mineral  Vody di Kaukasus Utara, Rusia, ketika dibajak, kata juru bicara tersebut. Ia tidak memberikan perincian lebih lanjut.

Ada 105 penumpang yang naik pesawat itu, termasuk tujuh awak dan lima anak, kata komite penyelidikan penuntut umum dalam satu pernyataan. "Sebagai satu syarat bagi pembebasan para sandera, ia (pembajak) minta agar kami menghubungkannya dengan Perdana Menteri Rusia (Vladimir Putin), pernyataan itu menambahkan.

Dengan mengutip sumber-sumber polisi, kantor berita ITAR-TASS melaporkan, semua penumpang telah dibebaskan dengan selamat setelah pasukan khusus menyamar sebagai dokter yang naik ke pesawat tersebut di bandara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com