Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat dengan 152 Penumpang Jatuh

Kompas.com - 28/07/2010, 14:23 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com — Sebuah pesawat komersial Pakistan yang membawa 152 orang mengalami kecelakaan akibat cuaca buruk di perbukitan di dekat ibu kota negeri itu, Islamabad, Rabu (28/7/2010).

Lima mayat telah ditemukan dari tempat kecelakaan di bukit berhutan lebat Margalla di dekat kota itu, kata seorang pejabat. Pesawat jet tersebut milik perusahaan penerbangan swasta Airblue, yang kehilangan kontak dengan ruang kendali dan ruang pengawas lalu lintas udara di Bandar Udara Internasional Islamabad sekitar pukul 11.43 WIB, sewaktu terbang dari kota Karachi di bagian selatan negeri itu.

"Kami telah mengirim mobil pemadam ke lokasi. Sejauh ini lima mayat telah ditemukan," kata pemimpin Dinas Pembangunan Ibu Kota, Imtiaz Elahi, kepada wartawan.

Pesawat itu membawa 146 penumpang dan enam awak. "Kami sedang mengumpulkan keterangan. Kami tak memiliki rincian lebih lanjut," kata Mubarik Shah, juru bicara Dinas Penerbangan Sipil, yang dikelola negara.

Dalam tayangan televisi lokal, awan gelap dan asap terlihat membubung dari lokasi kecelakaan yang dipenuhi pepohonan. Satu helikopter terbang di atasnya dan kobaran api melahap pohon dan apa yang tampak sebagai puing pesawat. Stasiun televisi AAJ Pakistan memperlihatkan asap tebal membubung dari tanah. Pekerja pertolongan sedang berusaha memasuki wilayah tersebut meski menghadapi kesulitan akibat lebatnya pepohonan.

"Hujan. Saya melihat pesawat terbang sangat rendah dari jendela kantor saya," kata seorang saksi mata, Khadim Hussain.

Militer menyatakan telah mengirim tiga helikopter ke lokasi kecelakaan dan tentara juga telah dikerahkan ke sana. Perdana Menteri Pakistan, Yusuf Raza Gilani, menginstruksikan para pejabat pemerintah untuk segera memadamkan api dan menolong penumpang.

Menurut laporan, hujan lebat mengguyur daerah tersebut selama setidaknya dua hari.

Airblue, dalam situsnya airblue.com, menyatakan memulai operasi pada tahun 2004 dengan armada pesawat jenis Airbus A320 dan A321.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com