Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teheran dan Ankara Teken Kerja Sama

Kompas.com - 24/07/2010, 15:24 WIB

KOMPAS.com - Kebutuhan akan energi yang makin meninggi membuat Iran dan Turki bekerja sama. Menurut warta Mehr News Agency (MNA) pada Sabtu (24/7/2010) kedua pihak menandatangani perjanjian senilai 1,29 miliar dollar AS bagi pembangunan infrastruktur penyaluran gas. Rencananya, Iran bakal mengirim gas melalui pipa-pipa khusus menuju Turki.

Kontrak itu sendiri ditandatangani oleh Menteri Perminyakan Iran Masoud Mirkazemi dan Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Turki Taner Yildiz di Ankara. Dalam kesempatan tersebut, ikut pula membubuhkan tanda tangan untuk kerja sama teknis adalah Direktur Pelaksanaan Perusahaan Gas Iran Javad Owji dan Direktur Pelaksana Pembangunan Pipa Gas Botas Turki Fazil Senel.

Seturut perjanjian, Turki wajib menyiapkan 77 persen dari angka tersebut di atas untuk melengkapi pembangunan 660 kilometer pipa gas. Bagi Iran, kerja sama ini adalah seksi keempat dari enam jalur pipa gas lintas negara mulai dari Assalouyeh di bagian barat daya menuju perbatasan di Bazargan di barat laut.

Setahun lalu, saat Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan yang tengah bertandang ke Teheran meneken nota kesepahaman (MoU) kerja sama penjualan gas alam ke Uni Eropa melalui Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com