Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambang China Makan Korban Lagi 28 Tewas

Kompas.com - 18/07/2010, 12:24 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Sedikitnya 28 pekerja tambang tewas dalam satu kecelakaan tambang batu bara di China barat laut, demikian dilaporkan kantor berita China Xinhua, Minggu (18/7/2010).

"Kecelakaan itu terjadi di kota Hancheng, provinsi Shaanxi, Sabtu malam menewaskan 28 pekerja di dalam lubang tambang," kata Xinhua.

Xinhua tidak menjelaskan sebab-sebab kecelakaan itu, namun surat kabar lokal melaporkan, kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek dari kabel-kabel listrik di terowongan tambang.

Kecelakaan yang terjadi di tambang batu bara Xiaonangou di kota Sangshuping, juga diberitakan surat kabar lokal Huasheng Daily.

Pemerintah daerah telah memerintahkan pemeriksaan tambang batu bara yang ada di provinsi itu untuk menghindari kecelakaan semacam.

Industri tambang batu bara China paling banyak memakan korban. Korban tewas akibat sedikitnya kesadaran pihak pengusaha akan keselamatan pekerjanya.

Total terdapat 2.631 pekerja tambang tewas di China pada tahun lalu, menurut angka resmi. Tetapi kelompok buruh independen mengatakan, angka sebenarnya bisa lebih tinggi karena banyaknya kecelakaan yang ditutup-tutupi untuk menghindari penutupan tambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com