Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok, Aparat Iran Bunuh 6 Orang

Kompas.com - 18/07/2010, 05:11 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Enam orang "penjahat" tewas dalam bentrokan dengan aparat keamanan Iran di Provinsi Sistan-Baluchestan bagian tenggara, Jumat (16/7/2010).

Bentrokan berdarah yang terjadi sehari setelah dua serangan bom bunuh diri itu terjadi di tiga tempat berbeda di provinsi tersebut, kata Wakil Kepala Polisi Iran, Ahmad Reza Radan, Sabtu (17/7/2010).

Radan kepada kantor Berita ISNA, mengatakan, bentrokan terjadi pada saat petugas memblokade berbagai ruas jalan yang dapat dipakai para penjahat, kelompok anti-pemerintah, dan penyelundup di provinsi itu. 

Hari Kamis, dua pelaku bom bunuh diri menyerang sebuah masjid Syiah di kota Zehedan, ibukota Provinsi Sistan-Baluchestan. Sedikitnya 27 orang tewas dan ratusan orang lainnya terluka dalam serangan itu.

Kelompok Jundullah (Tentara Tuhan) mengaku bertanggungjawab terhadap serangan bom bunuh diri sebagai balasan atas eksekusi Pemimpin Jundullah, Abdolmalek Rigi, 20 Juni lalu di Teheran.

Kelompok ini memperjuangkan hak komunitas Sunni Balukis, di Sistan-Baluchestan, provinsi yang berbatasan dengan Pakistan dan Afghanistan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com