Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel-AS Pastikan Gelar Latgab Militer

Kompas.com - 15/07/2010, 19:18 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Latihan bersama Angkatan Laut Korsel-AS diperkirakan akan digelar bulan ini di perairan lepas pantai timur negara itu. Hal ini dikatakan Kementerian Pertahanan Korsel, Kamis (15/7/2010).

Seorang pejabat senior kementerian itu mengatakan, Korea Selatan dan AS sepakat melakukan latihan gabungan (latgab) itu di Laut Timur pada akhir bulan ini.

Latihan perang laut itu akan diikuti kapal induk bertenaga nuklir milik AS, USS George Washington, kemudian latihan dipindahkan ke perairan di Laut Kuning.

Menurut pejabat itu, tanggal pasti latihan itu akan diputuskan pekan depan ketika menteri-menteri pertahanan dan luar negeri kedua negara bertemu di Seoul pada perundingan keamanan yang dinamai dua tambah dua.

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton dan Menteri Pertahanan Robert Gates akan berkunjung ke Seoul pekan depan untuk membahas persekutuan kedua negara.

Pejabat itu mengatakan, Seoul dan Washington semula merencanakan latihan angkatan laut itu diikuti oleh kapal induk AS di lepas pantai barat (Laut Kuning). Namun, latihan kemudian disepakati untuk pindah ke lokasi tersebut.

"Selain latihan militer, Seoul juga menggelar sekitar 10 latihan di perairan lepas pantai timur, barat, dan selatan pada akhir tahun ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com