Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Gaza Bukan Pelabuhan Kapal Iran

Kompas.com - 23/06/2010, 09:31 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Kepala Staf AD Israel, Gabi Ashkenazi, Selasa (22/6/2010) mengatakan, akan menghentikan kapal-kapal Lebanon dan Iran yang membawa bantuan ke Jalur Gaza.

Menurut Ashkenazi, seperti dikutip situs Ynet, dia tidak akan membiarkan Jalur Gaza menjadi pelabuhan kapal Iran. "Kami tidak bisa membiarkan Jalur Gaza menjadi pelabuhan kapal Iran," kata komandan angkatan darat Israel itu.

Seperti dilaporkan Kantor Berita ISNA, Bulan Sabit Merah Iran mengatakan satu kapal bantuan negara itu akan bertolak dari Pelabuhan Teluk Bandar Abbas akhir pekan ini menuju Jalur Gaza.

Perjalanan kapal bantuan Teheran tersebut diperkirakan memakan waktu 14 hari.

Sejumlah organisasi sipil Lebanon juga berencana mengirim dua kapal bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina di Jalur Gaza, yang rakyatnya menderita akibat blokade Israel sejak HAMAS berkuasa tahun 2006.

Dua kapal Lebanon itu direncanakan berlayar menuju Gaza lewat Siprus.

"Jika mereka datang secara damai, kami akan sambut secara damai. Jika mereka datang dengan cara yang tidak semestinya, akan kami sambut dengan cara yang tidak semestinya," kata Ashkenazi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com