Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perekonomian Vietnam Memuncak

Kompas.com - 08/06/2010, 05:12 WIB

KOMPAS.com - Vietnam, dalam catatan Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Pascal Lamy bakal menunjukkan tingkat perekonomian memuncak. Hitung-hitungannya, kata Lamy yang tengah melakukan kunjungan ke Ho Chi Minh City terkait tindak lanjut Forum Ekonomi Dunia untuk Asia Timur, setahun silam Vietnam mampu merespon lebih baik krisis ekonomi global. "Vietnam mampu menunjukkan pertumbuhan di atas rata-rata pencapaian negeri-negeri di kawasannya," kata Lami saat hendak bertemu dengan Perdana Menteri Nguyen Tan Dung.

Menurut warta VNA dan Bernama pada Senin (7/6/2010), Vietnam menunjukkan tren positif pertumbuhan sejak tiga tahun menjadi anggota WTO. "Vietnam juga berhasil meningkatkan kerja investasi asing dan ekspor," imbuh Lamy. 

Sementara itu, PM Dong mengucapkan terima kasih atas bantuan Lamy dalam negosiasi untuk menjadi anggota WTO.

Vietnam, bersama dengan negara-negara ASEAN lainnya, kata PM Dong berharap agar putaran Doha kembali bergulir. "Putaran Doha harus dijalankan kembali untuk memunculkan keseimbangan ekonomi antara negara berkembang dan negara maju," demikian PM Dong yang menunjuk pertemuan G 20 di Kanada kelak sebagai kesempatan untuk menggugah kembali dimulainya lagi putaran Doha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com