Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Deklarasikan Perang Terbuka

Kompas.com - 31/05/2010, 15:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyerangan yang dilakukan Israel terhadap Kapal Kemanusiaan Mavi Marmara, dikecam keras. Sejauh ini, menurut informasi, kejadian itu menewaskan 16 orang yang ikut dalam misi kemanusiaan tersebut.

Dikabarkan pula, turut dalam rombongan 12 warga negara Indonesia. Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKS, Mahfudz Siddiq mengatakan, serangan Israel merupakan bentuk deklarasi perang terbuka terhadap masyarakat dunia. "Serangan deklarasi perang terbuka antara Israel dan masyarakat dunia. Ini kan misi kemanusiaan dan konvensi international menyatakan tidak ada larangan untuk bantuan kemanusiaan," kata Mahfudz, Senin (31/5/2010), di Gedung DPR, Jakarta.

Ia mengatakan rombongan yang turut dalam kapal tersebut memiliki misi kemanusiaan yang jelas. Tindakan penyerangan yang dilakukan Irael, kata dia, tak bisa ditoleransi. "Jelas, tidak ada misi diluar misi kemanusiaan," tegasnya.

Oleh karena itu, menurut Mahfudz, masyarakat dunia dan seluruh negara perlu mengambil sikap bersama atas tindakan Israel tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com