Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Tewas dalam Ledakan Terowongan Gaza

Kompas.com - 30/05/2010, 23:11 WIB

GAZA CITY, KOMPAS.com - Enam warga Palestina tewas dan 12 orang yang lain terluka ketika sebuah terowongan penyelundupan di Gaza ambruk setelah kaleng-kaleng gas selundupan meledak, Sabtu (29/5).

Sejumlah dokter dan saksi mengatakan, ledakan itu terjadi saat kaleng-kaleng itu diselundupkan melalui terowongan di bawah perbatasan Mesir dengan Jalur Gaza yang dikontrol Hamas. Ledakan itu, menurut mereka, menyebabkan terowongan ambruk.

Wilayah miskin dengan penduduk sebanyak 1,5 juta orang itu sebagian besar mengandalkan jaringan terowongan yang sangat luas tersebut sejak Israel dan Mesir menutup Gaza bagi semua kecuali barang yang mereka katakan sebagai bantuan sangat penting setelah Hamas merebut kekuasaan pada Juni 2007. Sebagian besar terowongan itu digunakan untuk membawa masuk barang-barang pokok seperti pangan, kebutuhan rumah tangga dan ternak. Hamas dan kelompok gerilyawan lainnya, menurut laporan, menggunakan terowongan mereka sendiri yang lebih rahasia untuk memasukkan senjata dan uang.

Sudah lebih dari 130 warga Palestina tewas akibat terowongan runtuh atau karena operasi militer Israel yang ditujukan ke terowongan sejak pengambialihan kekuasaan oleh Hamas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com