Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas Tahan Perwira Tinggi Mesir

Kompas.com - 24/05/2010, 23:24 WIB

GAZA CITY, KOMPAS.com - Polisi Hamas menahan dan mendeportasi seorang perwira tinggi militer Mesir yang memasuki Jalur Gaza. Hubungan kelompok itu dengan Kairo sejauh ini tetap terganggu.

"Pihak keamanan telah menahan seorang perwira tinggi Mesir yang memasuki Jalur Gaza untuk mengumpulkan informasi intelijen tentang warga Palestina, masalah  pemerintah dan lain-lainnya," kata Menteri Dalam Negeri Hamas, Fathi Hamad, Senin (24/5), yang dikutip surat kabar Falasteen  yang dekat dengan Hamas.

Ia mengatakan, perwira itu telah dipulangkan ke Mesir dan menyerukan pembentukan satu komite bersama untuk mengkoordinasikan masalah-masalah keamanan, walaupun para perwira melanggar pagar keamanan Palestina. Kementerian dalam negeri Hamas tidak bisa segera dihubungi untuk diminta komentar.

Hubungan Hamas dengan Kairo memburuk dalam bulan-bulan belakangan ini karena Mesir membangun sebuah pagar keamanan  di bawah tanah di sepanjang perbatasannya dengan Gaza untuk mengekang penyelundupan. Awal bulan ini, Hamas menuduh Mesir menyiksa para tahanan Palestina termasuk seorang saudara kandung  salah seorang juru bicara utama  kelompok itu, yang menurut Hamas disiksa sampai mati di sebuah penjara Mesir, Oktober lalu.

"Mesir harus  mengarahkan penyelidikan terhadap pendudukan Israel dan bagaimana para warganya memasuki wilayah Palestina dan Mesir," kata Hamad dalam wawancara dengan surat kabar itu. "Mesir seharusnya berpihak pada rakyat Palestina dan bukannya mengirim para perwira menyusup ke Gaza untuk mengumpulkan informasi intelijen tentang perlawanan, tidak menyiksa para tahanan Palestina untuk memperoleh informasi intelijen tentang Gaza," tambahnya.

Gaza berada dalam blokade ketat Israel sejak Hamas menguasai wilayah itu Juni 2007. Mesir juga menutup sebagian besar  perbatasannya dengan Gaza, tetapi sampai tahun lalu menutup mata  soal jaringan terowongan yang digunakan untuk menyelundupkan barang-barang kebutuhan pokok bagi penduduk Gaza.

Kairo juga menengahi rekonsiliasi Hamas dengan gerakan Fatah  serta perundingan dengan Israel menyangkut pertukaran seorang serdadu Israel yang ditahan kelompok itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com