Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Juni, Presiden Rusia ke AS

Kompas.com - 08/05/2010, 16:12 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Presiden Rusia Dmitry Medvedev akan berkunjung ke Amerika Serikat pada akhir Juni. "(Presiden AS Barack) Obama mengundang Dmitry Medvedev untuk berkunjung ke AS pada akhir Juni. Kami bekerja dengan rekan kami mengenai jadwal pasti kunjungan tersebut," kata Sergei Prikhodko, pembantu kepresidenan, Jumat (7/5/2010).

Dia menambahkan bahwa kunjungan mendatang itu akan memiliki agenda yang sangat sibuk, meliputi semua bidang kerja sama di antara kedua negara.
   
Rusia dan AS telah mengikuti rute penataan kembali hubungan mereka dan membersihkan sisa-sisa era Perang Dingin mereka sejak Medvedev, dan timpalannya Barack Obama, mengumumkan kebijakan baru dalam hubungan bilateral mereka pada tahun lalu. "Kami tidak melihat adanya perbedaan-perbedaan. Kami hendaknya membentuk hubungan-hubungan pragmatis jangka panjang berdasarkan nilai-nilai kebebasan demokrasi dan ekonomi serta tujuan-tujuan bersama dalam memerangi ancaman global," kata presiden Rusia dalam kunjungan singkatnya ke AS pada April lalu.
   
Medvedev juga mengimbau peningkatan kerja sama ekonomi Rusia-AS. Ia menegaskan bahwa keinginan-keinginan Rusia akan dipelajari dari pengalaman AS dalam memodernisasi ekonominya.
   
Hubungan-hubungan ekonomi antara Rusia dan AS masih dihambat oleh amendemen Jackson-Vanik 1974. Amendemen ini melarang perdagangan AS dengan negara-negara dengan ekonomi non-pasar, yang mengenakan larangan-larangan imigrasi atas warga negara mereka.
   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com