Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Lebanon Tak Ada Rudal Scud

Kompas.com - 06/05/2010, 07:52 WIB

BEIRUT, KOMPAS.com - Komandan Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL) Jenderal Alberto Asarta Cuevas menekankan dalam pernyataan yang disiarkan Rabu (5/5/2010) bahwa tak ada bukti Suriah telah mengirim rudal Scud kepada Hizbullah.
   
"Kami memiliki sebanyak 12.000 prajurit dan tiga brigade Angkatan Darat Lebanon di satu daerah kecil. Kami tak melihat apa pun," kata Asarta Cuevas kepada harian An Nahar.
   
"Rudal Scud itu besar. Saya yakin tak ada Scud karena sangat sulit untuk menyembunyikannya," tambahnya.
   
Presiden Israel Shimon Peres pada April menuduh Suriah memasok Hizbullah dengan rudal jarak-jauh Scud, tuduhan yang dibantah dengan keras oleh Damaskus, sementara kelompok Syiah yang bersenjata itu menolak untuk mengkonfirmasi atau membantahnya.
   
Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton memperingatkan Presiden Suriah Bashar Al-Assad mengenai risiko memicu perang regional kalau ia memasok Hizbullah dengan rudal tersebut.
   
Ketika ditanya mengenai kemungkinan meletusnya perang baru, komandan UNIFIL itu mengatakan tak ada keinginan untuk menyebabkan perang.
   
Koordinator khusus PBB buat Lebanon Michael Williams juga mengatakan pada April ia tak percaya akan ada perang di wilayah itu kendati ketegangan meningkat mengenai tuduhan rudal Scud tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com