Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Inggris di Yaman Lolos dari Bom

Kompas.com - 26/04/2010, 16:05 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Duta Besar Inggris untuk Yaman, Timothy Torlot, selamat dari serangan bom bunuh diri, Senin (26/4/2010). Kantor Kedutaan Besar Inggris di Sanaa pun langsung ditutup dan warga Inggris diimbau untuk menjaga diri.

Timothy Torlot tidak mengalami cedera dalam serangan bom itu, tetapi seorang pengebom bunuh diri tewas ketika ia mengarahkan serangannya terhadap iring-iringan Dubes Torlot, kata seorang pejabat keamanan Yaman. "Kami dapat mengonfirmasikan bahwa telah terjadi insiden di Sanaa pagi ini, Senin," kata seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Inggris di London.

"Telah terjadi ledakan kecil di samping mobil duta besar, tetapi beliau tidak cedera. Begitu pula, tidak ada staf Kedubes atau warga Inggris yang terluka. Kedutaan Besar Inggris di Yaman masih ditutup untuk publik pada saat ini. Kami mengimbau semua warga Inggris di Yaman tetap menjaga diri dan tetap waspada," lanjut pernyataan itu.

Kedutaan Besar Inggris dan Amerika Serikat ditutup beberapa hari pada Januari lalu menyusul indikasi bahwa gerilyawan Al Qaeda cabang Yaman mengarahkan sasaran serangan terhadap kepentingan-kepentingan Barat di negeri Jazirah Arab itu. Yaman menjadi sorotan dunia ketika Al Qaeda mengklaim bahwa pihaknya mendalangi serangan bom yang gagal terhadap pesawat penumpang AS pada Hari Natal tahun lalu. Pada akhir Desember lalu, Al Qaeda mengklaim telah memberi anggotanya warga Nigeria peralatan canggih untuk usaha peledakan bom terhadap pesawat penumpang AS tersebut.

Serangan bom di Kedubes Inggris itu menimbulkan kekhawatiran bahwa Yaman akan akan terpuruk menghadapi gerilyawan Syiah di wilayah utara dan gerakan separatis di wilayah selatan, di samping serangan-serangan yang dilancarkan Al Qaeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com