Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antipangkalan Uwak Sam Meruyak di Okinawa

Kompas.com - 26/04/2010, 03:22 WIB

KOMPAS.com — Warga Okinawa kembali menagih janji. Persoalan yang tak lekang adalah pemindahan segera pangkalan militer Uwak Sam (US) di pulau di wilayah Jepang selatan itu.

Jadilah, sebagaimana warta AFP dan laman globalsecurity.com pada Minggu (25/4/2010), puluhan ribu warga pulau itu kembali berunjuk rasa. Sejatinya, empat tahun lalu AS dan Jepang sudah meneken kesepakatan agar pangkalan marinir AS di Funtema, masih di Okinawa, dipindahkan dari pusat ke daerah pantai.

Kendati demikian, pengunjuk rasa rupanya meminta lebih. Mereka ingin Perdana Menteri Yuko Hatoyama setia pada janjinya saat pemilu untuk memindahkan pangkalan itu sepenuhnya.

Memang, ribut-ribut soal pangkalan tersebut menjegal hubungan Hatoyama dengan AS. Pengamat mengatakan, Hatoyama bakl mempertaruhkan jabatannya demi penyelesaian masalah ini pada akhir Mei.

Warga Jepang sudah lama tak suka dengan kehadiran pangkalan Amerika yang besar di pulau itu. Ada sekitar 47.000 pasukan Amerika yang berpangkalan di Jepang dan sebagian besar berada di Okinawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com