Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Ampuni 110 Muslim Sunni

Kompas.com - 25/04/2010, 09:35 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Iran telah mengampuni 110 teroris Muslim Sunni sejak negara itu menangkap pemimpin garis keras Sunni di Provinsi Sistan-Baluchestan di Iran tenggara pada Februari, kantor berita resmi IRNA melaporkan.

Gubernur Sistan-Baluchestan Ali Mohammad Azad mengatakan, 300 gerilyawan telah menyampaikan penyesalan atas tindakan mereka sejak tertangkapnya Abdolmalek Rigi.

"Beberapa dari mereka adalah anggota kelompok Rigi dan telah minta pengampunan untuk kembali ke pelukan negara," kata Azad.

"Sejauh ini, surat amnesti telah dikeluarkan pada 110 dari para teroris itu dan sejumlah dari mereka telah menyerahkan senjata mereka dan menyelesaikan prosedur hukum," ujarnya.

Menurut Pemerintah Iran, Rigi telah menerima bantuan dari dinas intelijen AS, Inggris, dan Pakistan. Rigi ditangkap agen Iran dalam penerbangan dari Dubai ke Kirgistan.

Kelompok garis keras Sunni, Jundullah (Tentara Tuhan), menurut Iran, telah melakukan tindakan brutal terhadap Iran yang berpenduduk mayoritas Muslim Syiah selama hampir satu dasawarsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com